Menu Tutup

Industrial Engineering Conference

Teknik Industri-Fakultas Teknik UNS bekerja sama dengan Pusat Kajian Pengembangan Teknologi dan Kolaborasi Industri (PKPTKI) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat akan menyelenggarakan Seminar Nasional The 9th Industrial Engineering Conference (IDEC) dengan tema “Industrial, Innovation, and Infrastructure for Sustainable Development Goals (SDGs)” pada tanggal 23 -24 Juli 2022.

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan agenda global guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan (UNDP, 2016). SDGs berlaku secara universal sehingga seluruh negara termasuk Indonesia memiliki kewajiban moral untuk mencapai tujuan dan target SDGs (SDGs, 2017).

SDGs dirancang dengan melibatkan seluruh aktor pembangunan, baik itu pemerintah, Civil Society Organization (CSO), sektor swasta, akademisi, dan entitas lainnya. Kurang lebih 8,5 juta warga di seluruh dunia berkontribusi terhadap tujuan dan target SDGs. Terdapat 17 target SDGs yang saling terintegrasi, artinya bahwa tindakan di suatu bidang akan mempengaruhi hasil di bidang lain, oleh karena itu perlu adanya keseimbangan pada seluruh bidang yang ada. Untuk mencapai SDGs, diperlukan kreativitas, pengetahuan, teknologi, dan sumber daya dari seluruh masyarakat (SDGs, 2017). Untuk menjawab beragam tantangan pencapaian SDGs, diperlukan sinergi serta kolaborasi yang seimbang dan harmonis antara pemerintah, akademisi, praktisi, dan masyarakat.

Pada acara seminar nasional tersebut direncanakan akan dihadiri oleh tiga narasumber yaitu (1) Dr. (H.C.) Ir. Hi. Suharso Monoarfa (Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional); (2) Prof. Dr. Ir. Bambang Suhardi, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng (Dosen Teknik Industri UNS); (3) Hananto Aji (Direktur Operasi I di PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk). Acara tersebut direncanakan akan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, S.H, M.IP. Para narasumber atau pembicara tersebut merepresentasikan empat pendukung SDGs yaitu pemerintah, akademisi, praktisi, dan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.