PLN menggandeng PKPTKI LPPM UNS sebagai mitra dalam Pilot Project 1000 Kompor Induksi untuk Warga Solo

peace-man-2

Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memerintahkan agar program transisi energi dijalankan, seperti penggunaan kendaraan listrik dan kompor induksi, maka PT PLN (Persero) siap mengawal dan mendukung program konversi atau pengalihan kompor berbasis energi Gas ke energi listrik di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Program konversi ini bertujuan menekan impor gas, meningkatkan demand (konsumsi) listrik, memangkas defisit neraca perdagangan serta sebagai alternatif penyelesaian agar subsidi energi menjadi tepat sasaran (https://www.jatengnews.id/pln-jadikan-kota-solo-pilot-project-program-seribu-kompor-induksi/; https://www.solopos.com/kota-solo-jadi-pilot-project-pln-tebar-promo-nyaman-kompor-induksi-1272306

Untuk Jawa Tengah, Kota Surakarta dipilih sebagai lokasi pilot project dari program konversi tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, PT PLN menggandeng Pusat Kajian Pengembangan Teknologi dan Kolaborasi Industri (PKPTKI) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai entitas Pendidikan Tinggi untuk mendukung sosialisasi dan edukasi masyarakat Surakarta tentang program ini.

Pada rangkaian kegiatan pertama, yaitu tahapan inisiasi, diawali dengan sosialisasi kepada para pimpinan kalurahan dan kecamatan di kota Surakarta tentang program konversi kompor induksi tersebut. Acara ini diselenggarakan pada hari Senin, 14 Maret 2022 di aula Kalurahan Manahan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan PT.PLN Jateng & DIY, yaitu Bapak M. Irwansyah Putra beserta jajarannya; PT.PLN Solo yaitu Bapak Joko Hadi Widayat dan jajarannya; Dinas Perumahan Kawasan Permukiman kota Solo Bapak Saryanto; Ketua Pusat Studi PKPTKI LPPM UNS Dr.Retno Wulan Damayanti, ST.,MT dan tim; serta para lurah dan camat dari Kota Surakarta.

Pada acara tersebut dipaparkan keunggulan kompor induksi dibandingkan kompor gas, yaitu lebih efisien, aman dan nyaman, sesuai dengan slogan PEACE-MAN (Praktis, Ekonomis, Aman, Cepat dan Mantab) dari PT.PLN untuk program ini. Program ini akan ditindaklanjuti dengan pembagian 1000 kompor induksi gratis kepada warga pelanggan 450 VA dan 900 VA subsidi yang disertai dengan promo instalasi listrik tambah daya. 

Pilot Project 1000 kompor induksi PLN ke masyarakat Surakarta memiliki target:

  1. Terdistribusinya 1000 kompor induksi PLN ke warga masyarakat secara tepat sasaran yaitu pelanggan 450 VA dan 900 VA subsidi di Surakarta.
  2. Warga masyarakat sasaran mengenal dan bisa mengaplikasikan kompor induksi untuk kebutuhan rumah tangga.
  3. Warga masyarakat sasaran memperoleh manfaat Praktis, Ekonomis, Aman, Cepat dan Mantab dari kompor induksi PLN.
  4. Teridentifikasinya perilaku penggunaan praktis dari warga masyarakat sasaran serta kebutuhan yang belum dapat diakomodir sebagai bahan evaluasi dan perbaikan program kompor induksi.
peace-man-1
Repulsive questions contented him few extensive supported.

Quick Links

My Account

Order History

Returns

Wish List

Newsletter

Site Links

Terms & Conditions

Privacy Policy

Affiliates

Return Policy

Web Development

Kontak Kami

© 2023 Created with Royal Elementor Addons