Pendampingan Masyarakat Penerima Manfaat dalam Program Pilot Project Konversi Kompor Gas ke Kompor Induksi di Surakarta

Tim Pusat Kajian Pengembangan Teknologi dan Kolaborasi Industri (PKPTKI) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) melakukan pendampingan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah menerima bantuan kompor induksi gratis dari PLN. Program pendampingan yang dilakukan tim PKPTKI LPPM UNS dilakukan mulai pada tanggal 9 Agustus 2022. Aktivitas pendampingan yang dilakukan oleh tim PKPTKI LPPM UNS antara lain dengan mengirimkan video Youtube tentang operasional kompor induksi, memandu KPM untuk operasional kompor induksi via telepon dan WhatsApp (WA), serta berkunjung ke rumah KPM untuk pendampingan secara langsung. Program pendampingan ini bertujuan agar KPM memahami bagaimana cara menggunakan kompor induksi secara tepat, serta membantu KPM untuk menyelesaikan masalah yang dialami selama menggunakan kompor induksi. Masyarakat penerima manfaat kompor induksi memberikan tanggapan yang positif terhadap pendampingan yang dilakukan Tim PKPTKI LPPM UNS.

Pendampingan dilakukan secara online dan offline agar lebih efektif dan efisien.  Masyarakat yang sudah mengerti dengan baik penggunaan kompor induksi menyatakan sangat senang dan berterima kasih dengan bantuan kompor induksi gratis. Kompor induksi cukup mudah dioperasikan dan membantu aktivitas memasak menjadi lebih aman dengan adanya fitur timer, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir ketika lupa mematikan kompor. Tim PKPTKI LPPM UNS juga memberikan video operasional kompor induksi untuk membantu penerima manfaat dalam mengoperasikan kompor induksi secara mandiri. Pendampingan secara offline dilakukan kepada KPM yang tidak memiliki Handphone dan membutuhkan penjelasan secara langsung.

Tim PKPTKI UNS memberikan penjelasan secara lebih detail mengenai fungsi dari fitur kompor induksi, kemudian KPM praktik memasak secara langsung dengan arahan Tim PKPTKI UNS. Masyarakat penerima manfaat mencoba fitur menggoreng, memanggang, merebus dan mengukus dengan antusias dan tidak sungkan untuk bertanya kepada Tim PKPTKI LPPM UNS jika masih belum memahami fungsi fitur kompor induksi. Bahan yang digunakan untuk latihan memasak disediakan oleh Tim PKPTKI LPPM UNS yaitu berupa telur, roti, sosis, serta minyak goreng. Tim PKPTKI LPPM UNS juga menjelaskan mengenai penggunaan magnet yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah peralatan masak dapat menunjang kompor induksi. Penjelasan mengenai magnet dilakukan dengan tujuan agar KPM lebih dapat mengenali bahan peralatan masak yang sesuai untuk kompor induksi dan tidak salah membeli peralatan masak. Ibu Maryam, warga kelurahan Mojo mengatakan penggunaan kompor induksi tidak terlalu sulit jika sudah mencoba secara langsung dan merasa sangat terbantu dengan adanya pendampingan secara langsung. Selain pendampingan mengenai operasional kompor induksi oleh Tim PKPTKI LPPM UNS, pendampingan untuk masalah kelistrikan juga dilakukan oleh Tim PLN. Program pendampingan masyarakat penerima manfaat dilakukan dengan kolaborasi antara Tim UNS dan Tim PKPTKI PLN. Laporan masalah kelistrikan dari KPM direkap oleh Tim Data PKPTKI LPPM UNS untuk kemudian diteruskan kepada Tim PLN melalui WA Group kecamatan agar dapat ditangani secepatnya. Masyarakat penerima manfaat merasa sangat terbantu dengan program pendampingan ini karena bisa mewadahi keluhan secara responsif, sehingga kompor induksi dapat digunakan dengan baik. Program pendampingan ini ditargetkan kepada 1000 KPM agar keresahan maupun kendala ketika menggunakan kompor induksi dapat ditangani secara cepat dan tepat.

Masyarakat KPM Mempraktikkan secara Langsung saat Pendampingan Offline
Tim PKPTKI LPPM UNS Mendampingi KPM dalam Penggunaan Fitur Kompor Induksi
Pendampingan secara Langsung dengan Mengunjungi Rumah KPM oleh Tim PKPTKI LPPM UNS
Tim PKPTKI LPPM UNS Menjelaskan Kegunaan Fitur Kompor Induksi kepada KPM
Repulsive questions contented him few extensive supported.

Quick Links

My Account

Order History

Returns

Wish List

Newsletter

Site Links

Terms & Conditions

Privacy Policy

Affiliates

Return Policy

Web Development

Kontak Kami

© 2023 Created with Royal Elementor Addons