MAU JADI INSINYUR? – Kupas Tuntas Profesi Insinyur

Pada hari Kamis, 23 Februari 2023, Pusat Kajian dan Pengembangan Teknologi dan Kolaborasi Industri (PKPTKI) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS mengadakan Podcast-Webinar #1 yang bertajuk “Mau Jadi Insinyur?: Kupas Tuntas Profesi Insinyur” oleh Ketua Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Sebelas Maret, Dr. Eng. Ir. Pringgo Widyo Laksono, S.T., IPM.

Podcast-webinar ini di inisiasi oleh Dr. Retno Wulan Damayanti, ST., MT yang merupakan Ketua Pusat Studi PKPTKI, LPPM-UNS. Podcast-webinar kali ini di moderatori oleh Cahyo Wisnu Rubiyanto, S.P., M.App.Sc., Ph.D. selaku anggota dan peneliti eksternal di PKPTKI LPPM UNS.

Podcast-Webinar yang mengusung hastag #DuniaInovasi mengupas tuntas tentang profesi keinsinyuran di Indonesia dan juga dunia. Dr. Pringgo juga menjelaskan pengertian dari Profesi Inisnyur dan menjelaskan cakupan insinyur berbasis disiplin rumpun keilmuan berdasarkan Undang-undang, yaitu: kebumian energi, rekayasa sipil dan lingkungan terbangun, industry, konservasi dan pengelolaan sumber daya alam, pertanian dan hasil pertanian, teknologi kelautan dan perkapalan, dan aeronotika dan astronotika. Selain itu, perjalanan profesi insinyur juga dijelaskan secara terperinci oleh Dr. Pringgo.

Mengingat banyaknya permasalahan global, termasuk energi, pangan, dan air, peran Profesi Insinyur menjadi penting untuk dapat memecahkan masalah di tengah tengah masyarakat. Menurut semangat Undang-undang No.11 tahun 2014 tentang keinsinyuran, Dr. Pringgo juga menegaskan bahwa Insinyur sangat berperan dalam kepentingan nasional dan kesetaraan global. Seidkitnya Ada 7 apoin utama yang menjadi fokus tujuan seorang insinyur yaitu: 1) Menjadikan Indonesia mandiri dan maju, 2) Melindungi masyarakat dan lingkungan, 3) Meningkatkan jumlah Insinyur di Indonesia, 4)Meningkatkan peran Insinyur di Inudstri, 5) Transfer ilmu pengetahuan dan teknologi serta minat, 6). Mengendalikan kebutuhan insinyur asing, 7) Lepas dari middle income trap. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang hak hak dan kewajiban seorang insinyur.

Lebih lanjut lagi podcast-webinar ini juga memberikan informasi para peserta untuk bisa mendapatkan gelar insinyur dengan mendafarkan diri sebagai calon mahsiswa Insinyur melalui Program Profesi Insinyur Universitas Sebelas Maret. Program Profesi Insinyur UNS kini membuka program regular yang artinya terbuka untuk pertama kali nya untuk jalur umum. Pendaftaran bisa dilakukan melalui website SPMB UNS (kunjungi www.spmb.uns.ac.id) atau melalui tautan https://spmb.uns.ac.id/pascasarjana/pendaftaran/step-one?slug=Mw==&master_jalur=52

Youtube: https://youtu.be/JvOQhyywzfI?si=Y2iGMXiwQZhDuMJZ

Repulsive questions contented him few extensive supported.

Quick Links

My Account

Order History

Returns

Wish List

Newsletter

Site Links

Terms & Conditions

Privacy Policy

Affiliates

Return Policy

Web Development

Kontak Kami

© 2023 Created with Royal Elementor Addons