<strong>PERANCANGAN PROYEK TERPADU INDUSTRI LOGAM TEMBAGA</strong>

Rabu, 28 September 2022. PKPTKI dan Tim Proyek Terpadu Teknik Industri UNS melakukan kunjungan industri di Sentra Industri Logam Tembaga di Tumang Boyolali, sebagai upaya untuk menginisiasi kegiatan Pengabdian Masyarakat dan kolaborasi industri. Kegiatan diikuti oleh ketua dan anggota PKPTKI beserta dengan dosen dan mahasiswa Teknik Industri UNS.

Rangkaian acara pertama, tim PKPTKI dan rombongan melakukan pertemuan dengan Kepala Desa Cepogo dan perwakilan pengusaha tembaga. Pada kegiatan tersebut dilakukan diskusi dan eksplorasi permasalahan yang dihadapi oleh para pengusaha yang berpotensi bisa didukung oleh PKPTKI dan tim proyek terpadu Teknik Industri UNS.

Permasalahan tersebut diantaranya adalah keterbatasan alat (teknologi) yang mendukung proses produksi terutama berkaitan dengan standard internasional  dan teknologi finishing. Walaupun saat ini, Desa Tumang sudah dikenal di dunia sebagai area kerajinan tembaga handmade. Akan tetapi ke depannya, proses produksi konvensional yang cenderung kurang standar akan kalah bersaing dengan industri tembaga negara lain, terutama Cina.

Permasalahan selanjutnya, para pengusaha pada dasarnya telah menerima bantuan alat dan teknologi dari pemerintah, akan tetapi para pengusaha dan pekerja mengaku tidak bisa mempergunakan dan mengoperasikan teknologi tersebut. Permasalahan lainnya adalah terkait dengan sumber daya manusia, yang mana saat ini area Tumang sulit mencari generasi muda yang memiliki minat untuk menjadi pengrajin maupun pengusaha tembaga.

Menanggapi beragam permasalahan tersebut, tim PKPTKI dan tim proyek terpadu melakukan diskusi dan tanya jawab berkaitan dengan alternatif solusi yang potensial diimplementasikan di industri tembaga, antara lain dengan upaya inisiasi teaching factory di Desa Tumang. Hal ini sebagai upaya mengatasi regenerasi sumber daya manusia terampil pengrajin tembaga.

Rangkaian acara berikutnya adalah tim PKPTKI dan tim proyek terpadu mengunjungi lokasi produksi tembaga. Proses produksi pada bengkel industri yang diamati antara lain meliputi proses hammering lempengan tembaga, pemotongan lempengan, pengukiran sesuai mal, dan finishing. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peluang bagi Desa Tumang dengan target #TumangMendunia yang didukung oleh Tim PKPTKI LPPM UNS dan Tim Proyek Terpadu Teknik Industri UNS.

Repulsive questions contented him few extensive supported.

Quick Links

My Account

Order History

Returns

Wish List

Newsletter

Site Links

Terms & Conditions

Privacy Policy

Affiliates

Return Policy

Web Development

Kontak Kami

© 2023 Created with Royal Elementor Addons